Nesiapedia

Konfigurasi Awal Plesk

Tutorial ini merupakan lanjutan dari Cara Install Plesk di Linux, sebelum melanjutkan pastikan teman-teman masih menyimpan URL yang didapatkan selepas menginstall Plesk melalui SSH. Jika masih ada, akseslah URL tersebut melalui web Browser atau jika belum sempat menyimpannya, teman-teman dapat mengaksesnya dengan format:

https://<ip-website>:8443/

IP website adalah IP Public yang didapatkan dari provider VPS / Server anda. Selain itu hal lain yang perlu dipersiapkan adalah Lisence Key untuk mejalankan Plesk. Untuk trial key, anda dapat memperolehnya dengan membaca tutorial Cara Mendapatkan Lisensi Plesk Trial.

Login Admin Plesk

Anda dapat login menggunakan username dan password root server / VPS anda. Jika sudah tekan tombol Login.

View Selector
View Selector

Pada bagian ini, anda dapat mendeskripsikan kegunaan atau fungsi utama dari server anda karena akan mempengaruhi tampilan daripada panel Plesk. Plesk sendiri memiliki 2 tampilan, yaitu: Power User dan Service Provider. Kedua tampilan tersebut memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Power User memiliki tampilan yang lebih sederhana karena ditujukan untuk memanage website dengan jumalh yang relatif sedikit, berbeda dengan Service Provider yang lebih ditujukan untuk penggunaan Provider Hosting.

Plesk Interface

Jika anda telah menentukan interface dari panel plesk anda, dapat melanjutkan dengan menekan tombol OK.

Setting Plesk

Tahap selanjutnya adalah memasukkan Hostname, Public IP Address, dan mengganti Password default administrator. Jika sudah, tekan OK untuk melanjutkan.

Administrator Information

 

Selanjutnya, masukkan data informasi administrator. Pastikan Contact Name, Email Address, dan Checkbox End-User License Agreement diisi.

Create Your Webspace

Pada setup awal, anda diharuskan membuat webspace domain pertama. Isikan Domain Name, Username, dan Password dilanjutkan dengan menekan tombol OK.

Install Plesk License Key

Klik Install Key untuk memasukkan lisence key Plesk yang anda miliki.

Enter Activation Code

Masukkan Activation Code Plesk anda dilanjutkan dengan menekan tombol OK.

Jika tahap diatas berhasil, maka anda telah berhasil melakukan konfigurasi awal Plesk dan Plesk panel anda telah siap untuk digunakan. Sekian tutorial saya dan terima kasih.

Andri Sutanto

2 comments

  • Pan Andri

    Saya masih belum paham cara konfiguasri awal plesk
    saat saya akses URL saat selesai instalasi plesk di linux selalu ada psan ” alamat DNS anda tidak ditemukan”
    Anda menyarankan buka di web browser
    Tolong petunjuknya Pak Andri

error: Content is protected !!