Nesiapedia

Install Woocommerce di WordPress

Setelah sebelumnya kita telah belajar Cara Install WordPress di cPanel, sekarang kita akan belajar bagaimana menginstall Woocommerce pada WordPress. Dengan Woocommerce, kita dapat menambahkan fungsi ecommerce sederhana pada website WordPress kita.

Pada tutorial kali ini hanyalah sebagai introduction atau permulaan saja dan pada bagian-bagian selanjutnya kita akan belajar banyak hal dari Woocommerce ini, seperti: menambahkan biaya ongkos kirim JNE, TIKI, J&T, dll ataupun menerima pembayaran menggunakan kartu kredit.

Tutorial

Pertama-tama, pilih menu Plugins -> Add New

Pada kolom pencarian, ketikkan keyword: woocommerce dan install plugin diatas dengan cara menekan Tombol Install now kemudian Activate untuk mengaktifkan plugin diatas.

Setup Awal

Setelah mengaktifkan plugin tersebut, maka akan muncul setup awal / Wizard Woocommerce.

Store Setup: Di tahap ini, masukkan data lokasi toko, alamat, kota, kode pos, mata uang yang digunakan, dan jenis produk yang dijual. Jika sudah tekan Let’s go!

Payment: Ada beberapa metode pembayaran yang telah disiapkan oleh Woocommerce, salah satunya adalah paypal. Jika anda telah memiliki akun paypal dan ingin menerima pembayaran ke akun paypal, anda dapat memilih opsi ini. Kali ini saya akan memilih Offline payment dan memilih metode pembayaran bank transfer.

Shipping: Karena kita masih belum memiliki plugin shipping tambahan (JNE, TIKI, J&T, dll) maka kita lewati bagian ini dengan menonaktifkan metode pengiriman Flat Rate. Jangan lupa memilih kg sebagai weight unit dan cm sebagai dimension unit. Karena kedua unit tersebut yang dipergunakan secara umum di Indonesia dan akan berhubungan dengan plugin pengiriman yang akan saya jelaskan kedepannya.

Extras: Pada bagian ini, anda akan ditawari untuk menginstall Storefront Theme pada website anda. Jika anda telah memiliki theme sendiri maka anda dapat melewati bagian ini.

Activate: Pada bagian ini, anda akan ditawari untuk menggunakan JetPack pada website anda. Anda dapat melewati / skip dengan menekan Skip this step.

Ready: Woocommerce telah selesai diinstall dan anda sudah dapat mulai menjual produk pada website anda. Untuk tutorial lainnya mengenai woocommerce akan saya jelaskan beberapa waktu kedepan.

Andri Sutanto

Add comment

error: Content is protected !!