Nesiapedia

Install Webuzo di Server atau VPS

Control Panel server sangat dibutuhkan ketika kita memiliki atau mengoperasikan sebuah server atau VPS. Sebenarnya kita juga bisa memanage sebuah server tanpa adanya Control Panel, namun kita harus hafal atau paham command atau perintah-perintah pada mode terminal.

Nah buat kita yang mungkin tidak hafal command tapi ingin memanage sebuah server, salah satu solusinya adalah menginstall Control Panel pada server kita. Kali ini, kita akan belajar bagaimana cara menginstall Webuzo pada server kita.

Webuzo adalah control panel yang dibuat oleh Softaculous. Webuzo memiliki versi gratis dan berbayar, bedanya ada beberapa fitur yang tidak tersedia, misal: tidak ada let’s encrypt, tidak dapat mengganti web server menjadi nginx, serta hanya menyediakan 59 autoinstall script.

Autoinstall script ini sama seperti softaculous di cPanel, jadi dengan sekali klik dan sedikit konfigurasi kita dapat menginstall ratusan script, seperti: WordPress, Magento, WHMCS, Prestashop, Drupal, dan lain-lain. Untuk versi premiun dari Webuzo adalah US$ 1.5 untuk VPS dan US$ 2.5 untuk dedicated server.

Preparation

Sebelum menginstall Webuzo, pastikan anda telah dapat mengakses server atau VPS anda. Jika masih belum mengerti cara mengakses Server atau VPS melalui SSH, dapat membacanya di: Disini.

Tutorial

Setelah berhasil mengakses server anda, ketikkan baris perintah berikut:

wget -N http://files.webuzo.com/install.sh

Install Webuzo di Server atau VPS

Jika sudah terdownload, masukkan perintah dibawah:

chmod 0755 install.sh

Lanjutkan dengan perintah berikut:

./install.sh

Setelah perintah install, maka akan memulai proses instalasi dan tunggu sampai proses selesai.

Akan muncul pesan Installation Completed apabila telah berhasil. Kita dapat mengakses webuzo melalui browser dengan mengetikkan:

http://ipanda:2004/

Anda dapat mengganti kata IP anda dengan IP public server atau VPS anda.

Isikan username, email, password, primary domain, serta name server anda. Jika anda telah membeli lisensi Webuzo Premium maka dapat diisikan pada field License Key. Jika sudah tekan Install.

Tunggu proses instalasi hingga selesai sampai muncul pesan diatas. Anda akan diberikan 2 alamat URL, yang pertama http://ipanda:2004/ untuk mengakses Admin Panel dan http://ipanda:2002/ untuk Enduser Panel.

Sekian tutorial kali ini, selamat mencoba Webuzo.

 

Andri Sutanto

Add comment

error: Content is protected !!