Nesiapedia

Cara Menggunakan Flexible SSL Cloudflare

Setelah sebelumnya kita telah belajar bagaimana Cara Menggunakan Cloudflare CDN, kali ini kita akan menggunakan salah satu fitur dari Cloudflare, yaitu: SSL (Secure Socket Layer). Sebelum melanjutkan tutorial ini, pastikan kalian telah memiliki website yang telah terhubung ke Cloudflare, bila belum dapat melihat tutorialnya disini.

Nah, untuk SSL Cloudflare sendiri terdapat 4 macam pilihan:

  • Off, artinya SSL dinonaktifkan.

  • Flexible, pengunjung website terhubung dengan https ke Cloudflare, namun dari Cloudflare ke website kita secara http.

  • Full SSL, pengunjung terhubung dengan https ke Cloudflare, dan dari Cloudflare ke website kita secara https.

  • Full (strict), sama seperti nomor 3 namun kita memiliki valid SSL certificate pada server kita.

Tutorial

Kali ini kita akan mengaktifkan SSL pada mode flexible. Pada dashboard Cloudflare, silahkan masuk ke menu Crypto.

Kemudian pilih mode Flexible pada bagian SSL.

Jika sudah, masuk ke bagian Page Rules -> Create Page Rules.

Jika sudah, silahkan masukkan nama domain anda dengan format sebagai berikut: http://*domainanda.tld/* misal http://*nesiapedia.com/* dilanjutkan dengan Add a Setting kemudian pilih Always Use HTTPS. Tekan Save and Deploy untuk menyimpan konfigurasinya.

Pada tahap ini, SSL akan aktif maksimal dalam waktu 1 x 24 jam. Namun pada percobaan yang saya lakukan, dalam kurang dari 5 menit website telah dapat diakses melalui https.

Tutorial (WordPress)

Masalah akan timbul apabila kita menggunakan CMS WordPress, biasanya akan terjadi redirect loop ketika membuka website. Jika anda menggunakan WordPress, maka sebelum menjalankan tutorial diatas harap menginstall plugin Cloudlare Flexible SSL.

Masuk ke menu plugins -> Add New kemudian masukkan keyword Flexible SSL pada menu pencarian. Jika sudah tekan install now dan Activate pada plugin Cloudflare Flexible SSL.

Langkah selanjutnya adalah mengganti URL dari wordpress anda dengan masuk ke bagian Setting -> General. Ganti protokol http menjadi https dan Voila! masalah redirect loop pada wordpress telah teratasi. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Andri Sutanto

Add comment

error: Content is protected !!