Nesiapedia

Cara Menggunakan Debit Online BNI

Beberapa tahun yang lalu ketika saya masih belum memiliki kartu kredit, saya amat kesulitan ketika ingin menyewa VPS atau server. Sebenarnya saat itu ada opsi lain, yaitu menggunakan Paypal. Tapi menggunakan Paypal sebenarnya masih saja susah-susah gampang karena tidak selalu penjual langganan saya memiliki balance Paypal.

Nah, beberapa waktu yang lalu saya pernah mendengar tentang Debit Online BNI ini dan awal tahun 2017 ini saya mencoba untuk membuatnya. Untuk proses pembuatannya sederhana, kita diharuskan memiliki rekening BNI dan telah mengaktifkan fitur SMS Banking BNI.

Debit Online BNI ini bisa opsi buat kalian yang belum memiliki kartu kredit tapi ingin membeli barang-barang di Internet yang mengharuskan memakai kartu kredit. Selain itu, Debit Online BNI ini bisa digunakan untuk mendaftar akun Google Play Developer ataupun mendaftar Paypal. Keren kan?

Debit Online BNI ini tidak memiliki kartu fisik seperti Kartu Kredit atau Debit. Kita hanya akan mendapatkan 16 digit VCN (Virtual Card Number), Valid Thru dan 3 digit CVC2. Namun dengan 3 data tersebut sudah cukup untuk dapat melakukan transaksi.

Tutorial

Jadi untuk mendapatkan VCN dapat dilakukan dengan beberapa metode:

  • SMS

Anda dapat mengirimkan SMS ke 3346 melalui nomor handphone yang telah didaftarkan di SMS Banking BNI dengan format seperti diatas. Pastikan saldo tabungan anda cukup ketika melakukan transaksi.

Menurut pengalaman saya ketika menggunakannya, ketika kita request VCN sebesar Rp. 400.000,- namun hanya terpakai Rp. 350.000,- maka jumlah yang terpotong di rekening kita adalah sesuai penggunaannya saja dan bukan berdasarkan nominal request.

  • USSD Menu
  1. Masukkan kode akses pada ponsel Anda, sesuai dengan provider
    • Provider Telkomsel di akses : *141*1#
    • Provider Indosat & XL di akses : *141*2#
  2. Setelah melakukan akses diatas, berikut urutan langkah untuk Request VCN sbb:
    1. Pilih menu “e-Commerce”
    2. Pilih menu “e-Payment “
    3. Pilih menu “BNI Debit Online (VCN)
    4. Masukkan Angka Nominal BNI Debit Online (VCN), tanpa Rp, koma , maupun titik
    5. Masukkan 2 digit Pin Challenge BNI SMS Banking Anda
    6. Notifikasi SMS akan dikirim ke No. Handphone Anda (seperti gambar 1 langkah ke 3)

Pastikan PIN yang anda masukkan benar sesuai dengan urutan yang diminta melalui SMS karena bukan PIN secara keseluruhan yang diminta. Selain itu, pastikan merchant dimana anda membeli barang menerima kartu berlogo Master Card. Karena Debit Online BNI ini menggunakan Master Card. Sekian tutorial singkat ini, terima kasih.

Andri Sutanto

Add comment

error: Content is protected !!