Nesiapedia

Cara Menggunakan Cloudflare CDN

Sebelum kita masuk lebih dalam mengenai cara penggunaan Cloudflare pada sebuah website, ada baiknya kita mengenal sedikit tentang Cloudflare. CloudFlare adalah sebuah layanan CDN (Content Delivery Network) yang memiliki beragam fitur, seperti: DDoS Protection, Shared SSL, Automatic static content caching, DNS management, dan lain-lain.

CDN atau Content Delivery Network adalah sebuah distributed system dengan server yang berada di beberapa lokasi yang bertujuan untuk menyediakan konten secara cepat kepada end-user.

CloudFlare sendiri berada ditengah-tengah antara domain dengan web hosting. Dengan posisi seperti ini maka IP address server akan tersembunyi dan akan lebih aman terhadap serangan hacker.

Halaman Awal Cloudflare

Untuk menggunakan layanan Cloudflare, silahkan buka https://cloudflare.com.

Form Registrasi Cloudflare
Form Registrasi Cloudflare

Klik Sign Up kemudian masukkan email anda dan password yang dikehendaki. Apabila anda telah memiliki account dapat melewati langkah ini.

Kemudian anda akan diminta untuk menambahkan website, silahkan masukkan nama domain anda dilanjutkan dengan menekan tombol Scan DNS Records. Maka Cloudflare akan melakukan scanning DNS Records dari domain anda, apabila telah selesai tekan tombol Continue.

Jika sudah, maka anda sudah dapat memulai menambahkan record pada DNS Cloudflare. Disini saya akan menambahkan A Record. Pertama masukkan domain atau subdomain diikuti dengan alamat IP server, jika anda tidak tahu alamat IP server maka anda dapat menanyakan ke penyedia layanan hosting anda. Anda juga dapat menggunakan simbol “@” untuk root domain. Apabila sudah tekan tombol Add Record.

  = Icon Cloudflare ON (Seluruh traffic dan request akan melalui Cloudflare sebelum ke server)

= Icon Cloudflare OFF (Seluruh traffic dan request akan langsung menuju server)

Pastikan icon Cloudflare berwarna orange / hidup agar dapat menggunakan layanan dari Cloudflare. Disini anda dapat menambahkan beberapa record sekaligus, apabila telah selesai anda dapat menekan tombol Continue.

Cloudflare Plan

Setelah itu, anda akan dibawa ke halaman Cloudflare Plan. Cloudflare sendiri memiliki beberapa plan, disini saya akan menggunakan untuk yang Free Plan. Klik Continue untuk melanjutkan.

Langkah selanjutnya adalah mengganti nameserver domain anda ke nameserver milik Cloudflare. Nameserver Cloudflare sendiri bisa berbeda-beda tiap akun, untuk itu harap diperhatikan ketika anda mengganti nameserver. Untuk penggantian nameserver domain sendiri dapat dilakukan dari domain panel atau dari billing software hosting provider anda.

Setelah anda selesai mengganti nameserver dan proses propagasi telah selesai, maka setup cloudflare pada website anda telah selesai.

Andri Sutanto

Add comment

error: Content is protected !!