Nesiapedia

Cara Membuat VPS di Linode

Saat ini, banyak sekali provider-provider cloud / VPS yang menjual produknya dengan harga terjangkau. Apabila dibandingkan dengan 5-10 tahun lalu, VPS dengan RAM 512 MB harganya masih diatas 200 atau 300 ribuan per bulannya. Sekarang dengan US$ 5 (atau sekitar 75 ribu) kita sudah bisa mendapatkan VPS dengan RAM 512 MB atau 1 GB namun dengan performa yang cukup baik.

Salah satu provider favorit saya, salah satunya adalah Linode. Di Linode dengan US$ 5 kita sudah bisa mendapatkan VPS dengan RAM 1 GB, SSD 20 GB, 1 core CPU dan 1 TB Bandwidth. Yuk kita coba setup VPS di Linode.

Preparation

Disini saya asumsikan anda telah memiliki account Linode. Jika sudah, anda dapat login ke: https://manager.linode.com/ dan jika belum memiliki account, dapat mendaftar ke: https://manager.linode.com/session/signup

Tutorial

Setelah masuk ke Linode Manager, pilih Linodes -> Add a Linode

Cara Membuat VPS di Linode

Setelah itu, pilihlah spesifikasi VPS / Cloud yang anda inginkan

Cara Membuat VPS di Linode

Kemudian pilih lokasi server, kali ini saya memilih Singapore karena lokasinya relatif lebih dekat dengan negara kita.

Cara Membuat VPS di Linode

VPS anda telah dibuat oleh Linode, namun masih belum dapat digunakan dan masih memerlukan sedikit konfigurasi. Langkah selanjutnya, pilihnya VPS anda, klik pada nama Linode anda (pada contoh: linode4026683).

Cara Membuat VPS di Linode

Pada Dashboard, pilih Deploy an Image untuk memilih image Sistem Operasi yang akan anda gunakan.

Cara Membuat VPS di Linode

Pilihlah Image / Sistem operasi yang ingin anda gunakan. Pada tutorial kali ini, saya memilih CentOS 7 dengan Swap Disk 512 MB. Selanjutnya isikan password untuk root server / VPS anda. Jika sudah tekan Deploy.

Cara Membuat VPS di Linode

Posisi VPS anda masih dalam kondisi Off, jika sudah tekan button Boot -> OK untuk menyalakan VPS anda. Pada tahap ini, VPS anda telah aktif dan anda dapat mengaksesnya melalui SSH. Untuk melihat IP Public anda, dapat apa lihat pada Remote Access -> SSH Access. Tutorial mengakses VPS / Server melalui SSH dapat anda lihat pada Akses SSH Menggunakan PuTTy. Sekian tutorial saya, terima kasih.

 

 

Andri Sutanto

Add comment

error: Content is protected !!