Nesiapedia

Cara Install WordPress di cPanel

WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) favorit di dunia. Menurut data dari W3Techs web technologies surveys sekitar 27% website di dunia adalah berbasis WordPress. Selain itu, wordpress tidak hanya digunakan sebagai blog saja, kita bisa menggunakan wordpress sebagai website company profile ataupun website ecommerce sederhana.

Kali ini, kita akan belajar bagaimana cara menginstall WordPress di cPanel. Tutorial kali ini bisa dibilang sangat sederhana dan lebih dikhususkan untuk awam, namun akan menjadi pengantar untuk selanjutnya akan membahas tutorial yang lebih mendalam.

Sebelum melanjutkan, pastikan kalian telah memiliki akun hosting berbasis cPanel yang didalamnya telah terinstall Softaculous. Jika sudah, silahkan login ke akun cPanel masing-masing.

Kemudian cari menu Software -> Softaculous Apps Installer.

Kemudian pilih WordPress dan klik Install.

Pilih protocol untuk website anda, jika anda memiliki SSL maka pilihlah https namun jika tidak pilih http saja. Selanjutnya masukkan nama domain untuk website wordpress anda, jika anda memiliki sub domain maka akan muncul juga opsi sub domain pada pilihan ini.

Untuk setting In Directory bisa anda lewati saja jika anda menginstall wordpress di domain utama. Selanjutnya beri Site Name dan Site Description.

Bagian selanjutnya adalah membuat admin, masukkan Username dan Password untuk admin anda. Pastikan anda menggunakan password minimal 8 karakter dengan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan karakter lain. Hal ini berguna untuk keamanan website anda. Gunakan juga email aktif anda, karena akan berguna apabila anda ingin melakukan reset password apabila anda lupa.

Jika sudah, anda bisa tekan Install dan tunggu proses instalasinya.

Jika muncul pesan diatas, berarti wordpress telah terinstall pada hosting anda. Anda dapat login Administrative URL yang ditampilkan pada pesan diatas (Sesuai dengan nama domain anda) menggunakan username dan password yang telah anda isikan pada tahap sebelumnya. Sekian tutorial instalasi WordPress di cPanel. Semoga berguna.

 

Andri Sutanto

Add comment

error: Content is protected !!