Nesiapedia

Cara Install Plesk di Linux

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana Cara Install Plesk di Linux. Sebelumnya akan sedikit saya jelasin apa itu Plesk. Plesk adalah salah satu control panel untuk memanage website, email, dan database seperti layaknya cPanel. Mungkin temen-temen lebih familiar sama cPanel karena kebanyakan hoster di Indonesia menawarkan hosting berbasis cPanel.

Lanjut, Plesk memiliki beberapa versi yaitu: Web Admin Edition, Web Pro Edition, dan Web Host Edition (untuk detailnya dapat dilihat disini). Perbedaan mendasar dari ketiga versi tersebut adalah jumlah domain yang dapat di host. Untuk Web Admin hanya mengijinkan 10 domain, Web Pro sebanyak 30 domain, dan unlimited domain untuk versi Web Host.

Nah, karena adanya 3 versi ini, menurut saya mengapa harga lisensi Plesk bisa lebih “terjangkau” dibandingkan cPanel, toh untuk sebuah VPS kecil-kecilan kita ngga mungkin menghost domain sebanyak mungkin. Selain itu, kita juga bisa upgrade versi Plesk kita apabila dikemudian hari jumlah domain yang kita host bertambah.

Harga lisensi Plesk per bulan untuk Web Admin Edition adalah US$ 5, Web Pro Edition adalah US$ 10, dan US$ 15 untuk Web Host Edition. fyi, harga lisensi cPanel untuk VPS adalah US$ 20 per bulan. 

Sebenarnya alasan awal saya memilih menggunakan Plesk adalah ingin mencari alternatif lain disamping cPanel. Awalnya saya mencoba beberapa control panel, namun akhirnya jatuh hati dengan Plesk karena memiliki banyak fitur, tampilan yang modern, responsive (waktu itu cPanel belum responsive), dan harga lisensinya yang masuk di kantong.

Preparation

Berikut yang perlu dipersiapkan sebelum menginstall Plesk:

  • Server (bisa VPS atau Dedicated) yang memiliki OS Linux (disini saya menggunakan CentOS versi 7.3.1611 64bit).
  • Software SSH, disini saya menggunakan PuTTy. Bisa didownload disini.

Tutorial

Okay, kita mulai tutorialnya. Pertama-tama silahkan teman-teman login melalui SSH ke server / VPS, apabila kesulitan dapat melihat tutorial Cara Akses SSH Menggunakan PuTTy. Kemudian tuliskan kode-kode dibawah ini:

wget http://autoinstall.plesk.com/plesk-installer

Download autoinstaller dari server Plesk

chmod +x plesk-installer

Beri permission, agar dapat dieksekusi

./plesk-installer

Jalankan autoinstaller Plesk.

Setelah autoinstaller dijalankan maka, installation wizard segera dimulai. Tekan tombol keyboard “F” kemudian “Enter” untuk melanjutkan proses instalasi.

Pilih versi Plesk yang akan diinstall, kali ini saya akan menginstall Plesk Onyx versi 17.5.3, untuk melanjutkan tekan tombol keyboard “F” kemudian “Enter”.

Selanjutnya, Plesk akan meminta permission untuk mengirimkan informasi-informasi yang berkaitan dengan issues yang terjadi pada server kita. Jika anda setuju tekan tombol keyboard “Y” dan apabila tidak setuju dapat menekan tombol keyboard “n” dilanjutkan dengan menekan tombol “Enter”.

Pilih tipe instalasi, disini saya memilih Recommended, untuk melanjutkan tekan tombol keyboard “F” kemudian “Enter”.

Plesk membutuhkan beberapa package yang akan didownload via Internet untuk dapat menjalankan Plesk didalam VPS atau Server kita. Pada step ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 5-15 menit tergantung dari spesifikasi server atau koneksi jaringan server. Untuk melanjutkan instalasi tekan tombol keyboard “F” kemudian “Enter”.

Apabila telah muncul message “Congratulations!” maka Plesk telah berhasil terinstall pada VPS atau Server anda. Untuk melanjutkan proses konfigurasi awal Plesk, silahkan kunjungi URL yang muncul setelah pesan “Congratulations!” muncul. Pada tutorial ini, URLnya adalah:

https://128.199.238.72:8443/login?secret=nK%2Fpg2Ke%2FKm3VcQWoDyVWZvaL%2Fv4YlFeVpH%2BNTVhxBI%3D

atau

https://sg1.andrisutanto.com:8443/login?secret=nK%2Fpg2Ke%2FKm3VcQWoDyVWZvaL%2Fv4YlFeVpH%2BNTVhxBI%3D

Catatan

Hingga tahap ini, Plesk telah berhasil terinstall di VPS atau Server anda. Untuk melanjutkan Konfigurasi Awal Plesk dapat dilihat disini. Semoga bermanfaat.

Andri Sutanto

2 comments

error: Content is protected !!